Arti Makna Ucapan Rahayu Sagung Dumadi


Oleh

Fajar R. Wirasandjaya
(Tanah Sunyi, 26 April 2020)

Rahayu Sagung Dumadi
Arti Makna Rahayu Sagung Dumadi/narasiinspirasi.com
Pernah mendengar pembawa acara (MC) atau pejabat sedang pidato/ceramah dalam bahasa Jawa?. Kalau pernah, biasanya di bagian pembuka atau di bagian penutup dari pidato/ceramah tersebut selalu disisipkan kalimat "rahayu sagung dumadi" atau "kalis ing rubeda, nir ing sambikala". Tidak hanya di dalam ceramah ataupun pidato, biasanya dalam tulisan, surat menyurat, bahkan artikel formal berbahasa Jawa pun seringkali tersisip kalimat tersebut.

Tapi tahukah kamu apa sebenarnya makna dari kalimat tersebut dan kenapa orang Jawa seringkali menggunakannya?. Baiklah mari kita bahas, terlebih dahulu kita akan kupas satu persatu makna dari setiap kata pada kalimat tersebut. Berikut ini penjelasannya.

Rahayu: selamat, sehat, beruntung, sejahtera, luput, terhindar dari celaka dan marabahaya
Sagung : semua
Dumadi (um + dadi) : titah, yang menjadi atau dijadikan
Kalis : tak bisa terkena, terhindar dari sakit atau lelara, musibah atau kecelakaan
Ing : di, dalam
Rubeda : masalah, halangan, kesulitan
Nir: tanpa
Sambikala : halangan, celaka

Baca Juga Arti Makna Filosofis Takir Jawa

Masyarakat Jawa seringkali gemar mengucapkan "mugya rahayu sagung dumadi" yang bermakna semoga semua makhluk diberikan keselamatan dan kebahagiaan.

"Kalis ing rubeda nir ing sambikala" selamat terhindar dari masalah, dijauhkan dari kesulitan, dijauhkan dari segala musibah dan marabahaya. Selama ini telah menjadi semacam kebiasaan bagi masyarakat Jawa untuk menyisipkan kalimat tersebut, utamanya saat akan mengawali atau menutup suatu pembicaraan, pesan, maupun tulisan. Masyarakat Jawa menyisipkan kalimat tersebut sebagai perwujudan doa dan pengharapan yang baik.

Baca Juga Ngalah Ngalih Ngamuk Untuk Keselarasan dan Keharmonisan

Kalimat tersebut adalah doa yang berisi pengharapan yang luar biasa. Merupakan wujud dari kesadaran spiritual tingkat tinggi. Bagaimana tidak, yang didoakan dan diharapkan selamat bukan hanya diri sendiri, melainkan "sagung dumadi" yaitu semua eksistensi. Semua makhluk yang diciptakan oleh Tuhan, baik manusia, jin, binatang, tumbuhan, yang nampak maupun tidak nampak.

Yang di dalam ataupun yang di luar, di laut ataupun yang di puncak gunung, yang di awang-awang maupun yang di dalam tanah, yang di permukaan bumi maupun yang di angkasa, seluruh alam semesta, jagat raya beserta isinya. Semua eksistensi dan semua makhluk yang telah dititahkan oleh Gusti Allah Tuhan semesta jagat raya turut didoakan. Didoakan agar selamat, sejahtera, bahagia terhindar dari segala marabahaya dan malapetaka.

Baca Juga Filosofi Hidup Ayem Tenterem Mengejar Ketenteraman dan Kedamaian

Makna Rahayu Sagung Dumadi Kalis Ing Rubeda Nir Ing Sambikala
Makna Rahayu Sagung Dumadi Kalis Ing Rubeda Nir Ing Sambikala/narasiinspirasi.com

Doa yang bersifat universal, penuh welas asih dan tidak pilih-pilih bukan?. Ya betul sekali. Kita senantiasa diajarkan untuk memohon atau berdoa hanya kepada Gusti Allah. Pada setiap bait doa yang kita panjatkan turut terselip doa untuk kebaikan sesama. Saling mendoakan serta memohon kebaikan untuk sesama makhluk, demi keselamatan bangsa, negara serta agama. Manifestasi kongkrit dari sikap memayu hayuning pribadi, memayu hayuning tyasing sesama, serta memayu hayuning bawana. 
Memohon untuk menjadi orang yang pintar, maka doakan juga orang lain yang sedang kesulitan belajar supaya mudah dalam belajar dan menyerap ilmu. Memohon kelimpahan rejeki, maka doakanlah pula orang lain yang sedang kesulitan agar diberi kelimpahan rejeki. Memohon diberikan kesehatan, maka doakan pula orang lain, agar semua yang sedang sakit lekas diberi kesembuhan dan kesehatan.

Maka vibrasi positif dari doa-doa yang kita panjatkan akan menembus langit dan menghujam jauh ke dalam bumi kembali kepada diri kita juga. Membuka "jalan-jalan" yang sebelumnya gelap dan tertutup, menjadi terang dan terbuka. Menjadi lantaran atau sarana datang nya anugerah beserta rahmat Tuhan kepada kita. Demikian semoga bermanfaat. Rahayu sagung dumadi !

Baca Juga 69 Kata Bijak Pepatah Nasehat Kehidupan Beserta Artinya Yang Harus Kamu Tahu






You Might Also Like

0 comentários

Loading...