Lirik Lagu Selamat Ulang Tahun Happy Birthday To You dan Asal Usul Sejarahnya


Lagu selamat ulang tahun
Lagu selamat ulang tahun/narasiinspirasi.com


Hai guys, gimana kabar kamu hari ini? Semoga kamu selalu sehat dan berbahagia. Kali ini kita akan membahas tentang sejarah terciptanya lirik lagu Happy Birthday To You atau Selamat Ulang Tahun. Itu loh lagu yang sering kita denger dan kita nyanyikan saat acara ulang tahun, kamu pasti tau lah hehe. Oke mari langsung saja kita bahas sejarah tentang lagu selamat ulang tahun. 

Lirik lagu Happy Birthday to You atau yang populer di Indonesia berjudul Selamat Ulang Tahun memiliki lirik yang sudah digubah dari lirik lagu aslinya yang berbahasa Inggris sebagai berikut, 

Panjang umurnya .. panjang umurnya
Panjang umurnya … serta mulia
Serta mulia … serta mulia

Panjang umurnya ... panjang umurnya
Panjang umurnya … serta mulia
Serta mulia … serta mulia

Selamat ulang tahun kami ucapkan
Selamat panjang umur kita kan doakan
Selamat sejahtera sehat sentosa
Selamat panjang umur dan bahagia

Selamat ulang tahun kami ucapkan
Selamat panjang umur kita kan doakan
Selamat sejahtera sehat sentosa
Selamat panjang umur dan bahagia
Selamat panjang umur dan bahagia... 

(Lirik Alternative) 
Tiup lilin nya
Tiup lilin nya
Tiup lilin nya sekarang juga, sekarang juga
Sekarang juga... 

Lirik lagu dalam bahasa Inggris, 

Happy birthday to you
Happy birthday to you 
Happy birthday dear (nama yang ultah) 
Happy birthday to you... 


Lagu Selamat Ulang Tahun atau Happy Birthday to You yang sering kita dengar di acara-acara ulang tahun ternyata tidak memiliki sejarah yang jelas mengenai pemegang hak ciptanya yang sah. Sejak puluhan tahun lalu, perusahaan label rekaman Warner Music mengaku memiliki hak cipta lagu '"Happy Birthday to You". Namun ternyata hakim pengadilan di Los Angeles berpendapat lain.

Pada September 2015, hakim pengadilan Amerika, George H. King, mengatakan bahwa Warner/Chappell tidak memiliki hak cipta lirik lagu tersebut, tapi hanya memiliki hak cipta beberapa aransemen musiknya saja, sehingga Warner bukanlah pemilik sah hak cipta lagu tersebut.

Bila dirunut dari melodinya, lagu "Happy Birthday to You" sendiri memiliki nada yang sama dengan lagu "Good Morning To All" ciptaan Mildred Hill. Saat itu, Hill, seorang guru Taman Kanak-kanak (TK) di Louisville, Kentucky, menggabungkan sebuah nada sederhana yang dinyanyikannya di kelas setiap pagi.

"Good morning to you,
Good morning to you. 
Good morning, dear children, 
Good morning to all."


Begitulah penggalan lirik "Good Morning To All". Lagu tersebut lalu kerap digunakan sebagai lagu selamat datang di TK dan diterbitkan dalam buku lagu anak-anak TK pada akhir 1893. Sejak itulah, sejumlah variasi lagu bermunculan tanpa kejelasan penggubahnya, hingga kata 'Good Morning' berubah menjadi 'Happy Birthday'.


Mengutip Telegraph, perubahan kata tersebut berawal dari ide adik perempuan Mildred Hill, Patty Hill, yang ingin membuat lagu yang bisa dinyanyikan anak-anak di pesta-pesta. Karena saat itu anak-anak sedang senang-senangnya menyanyikan lagu "Good Morning To All", sehingga ia hanya sedikit mengubah liriknya. 

Di tahun 1924, lirik "Happy Birthday" pun dipublikasikan. Kemudian, radio dan film mulai mendendangkannya. Lagu ini pertama kali ini dipakai di pertunjukan Broadway pada tahun 1931. Lalu, lagu ini juga pernah menjadi nada telegram Western Union pada tahun 1933.
Lagu happy birthday to you
Lagu happy birthday to you/narasiinspirasi.com


Dengan semakin populernya lagu tersebut, adik ketiga Hills, Jessica, pun berpikir bahwa ia harus mematenkan karya kedua kakaknya. Tapi sayangnya, ia tidak mengajukan hak cipta sampai tingkat federal. Akhirnya lagu "Happy Birthday To You" itu pun diterbitkan oleh perusahaan Clayton F. Summy pada tahun 1935. Beranjak pada tahun 1988, Warner Music mengklaim telah membeli hak cipta lagu "Happy Birthday to You" dari Hill bersaudara dan mengambil keuntungan sampai 2 juta dolar AS per tahun.

Banyak yang berpendapat bahwa lagu "Happy Birthday" itu milik umum. Simpang siur pemilik hak cipta lagu "Happy Birthday to You" ini pernah dikemukakan oleh Robert Brauneis tahun 2010 dalam makalahnya yang berjudul Copywright and the World's Most Popular Song.


Brauneis menggunakan lebih dari 200 dokumen dari enam arsip sejarah dari seluruh Amerika, demi meneliti kepemilikan lagu "Happy Birthday". Ia menuliskan bahwa penulis lirik lagu ini belum pernah melakukan rekaman. "Bahkan, jika Hills benar-benar memiliki lagu tersebut, mereka seharusnya tidak perlu memperbaharui hak cipta," katanya. 

Kini, pihak pengadilan Amerika Serikat sedang dalam proses menghapus atas klaim kepemilikan lagu atas Warner Music. Mereka hendak menjadikan lagu tersebut menjadi milik publik, sehingga bisa digunakan oleh siapa pun tanpa dituntut untuk membayar lisensinya.