Fakta Menarik Dibalik Pemberian Nama Kunci Inggris (Adjustable Wrench)


Kunci Inggris/narasiinspirasi.com

Kamu tentu tahu apa itu kunci Inggris. Apalagi yang sudah akrab dengan dunia mechanical enginering. Tapi tahukah kamu mengapa kunci yang satu ini dinamakan sebagai kunci Inggris? Sebenarnya, kunci Inggris ini dalam bahasa Inggris disebut adjustable spanner atau adjustable wrench. Akan tetapi di beberapa negara di Eropa justru menyebut benda yang satu ini dengan 'English Key'. 


Negara seperti Prancis, Jerman, Portugal, Italia, Belanda, dan lain sebagainya sepakat menggunakan istilah tersebut. Mengapa demikian? Apakah kunci ini ditemukan di Inggris. Benar! Kunci Inggris memang ditemukan oleh seorang insinyur asal Inggris bernama Richard Clyburn pada tahun 1842. 


Sedangkan di Indonesia, lebih populer dengan nama kunci Inggris karena negara kita pernah dijajah oleh Inggris dan Belanda. Itulah mengapa di Indonesia menyebutnya kunci Inggris. 


Padahal, kunci Inggris yang kita kenal sekarang bukanlah murni buatan dari Clyburn, melainkan telah disempurnakan oleh Johan Petter Johansson, dari Swedia. Nah, dari sinilah mengapa beberapa negara seperti Israel, Denmark, dan Polandia, menyebutnya dengan Swedish Key alias Kunci Swedia. 


Sekian ulasan kami, semoga bermanfaat, jangan lupa berbahagia gaes. Terima kasih. 







You Might Also Like

0 comentários

Loading...