Ini Dia Sejarah Facebook Awal Mula Berdiri dan Mark Zuckerberg



Sejarah awal mula facebook
Sejarah Facebook

Sejarah facebook sangat erat hubungannya dengan sosok pendiri facebook. Sebagian orang telah mengenal apa itu Facebook. Bagaimana dengan sejarah berdirinya facebook ?, jika anda belum mengetahui sejarah awal berdirinya facebook silahkan untuk menyimak isi dari artikel ini mengenai Sejarah Facebook.


Facebook merupakan sebuah jaringan sosial yang memungkinkan semua orang dapat terhubung satu sama lainnya. Ada manfaat dari jejaring sosial ini apalagi kita bergabung dalam jejaring sosial seperti facebook. Beberapa manfaat facebook yaitu dapat terhubung dengan teman atau lama, kekasih, ajang silaturahmi antar keluarga tanpa terhalang oleh jarak dan waktu cukup terhubung ke internet.


Berikut ini sejarah awal berdirinya facebook yang perlu diketahui untuk menambah pengetahuan anda yang diuraikan dibawah dengan judul Sejarah Facebook :

Sejarah Facebook

Sejarah Facebook, History of Facebook, Facebook, Mark Zuckerberg, Universitas Harvard, The Facebook
The Facebook tahun 2004

Mark Zuckerbeg ialah sosok seorang pemuda yang merupakan pendiri jejaring sosial yaitu Facebook. Pada awalnya Mark Zuckerberg mengenal pemrograman dari kelas enam, ia awal mengenal pemrograman dari sebuah buku yang berjudul "C++ for Dummies". Buku tersebut dijadikan panduan oleh Mark Zuckerbeg untuk awal mulainya ia mengenal dengan dunia pemrograman.


Ketika menjadi mahasiswa di Universitas Harvard, Mark Zukerberg pernah membuat situs facemash.com pada tanggal 28 Oktober 2003. Secara ilegal ia mengambil foto teman sekelas di Harvard dan menampilkannya di situs miliknya berdampingan dengan foto binatang. 

Baca Juga Fakta Menarik, Penemu Benua Amerika Pertama Kali Bukan Christoper Columbus

Mark Zukerberg juga pernah melakukan peretasan jaringan komputer Harvard untuk mencuri data pribadi penghuni asrama di Harvard yang kemudian di publish ke situsnya. Karena hal ini membuat situs facemash mendadak terkenal. Setelah itu, Zuckerberg dihukum karena telah menembus keamanan jaringan komputer Harvard, melanggar hak cipta, dan melanggar privasi individu, dan terancam di drop-out. Namun, akhirnya hukuman tersebut dibatalkan oleh pihak kampus.

Sejarah Pendiri Facebook
Mark Zuckerberg/ceomagazines
Dengan munculnya kasus ini Mark Zuckerberg diajak bergabung dengan 3 orang mahasiswa di Harvard University yaitu Cameron Winklevoss , Divya Narendra dan Tyler Winklevoss. Mereka mengerjakan proyek yang mereka idamkan yakni situs sosial khusus untuk mahasiswa Harvard, namun secara perlahan dan tidak diketahui oleh ketiga temannya ternyata Mark Zuckerberg sedang mengembangkan situs pribadinya. 

Baca Juga Kisah Juru Cicip Masakan Sebelum Dihidangkan ke Hitler

Mark Zuckerberg sering berhubungan secara intensif dengan Aaron J. Greenspan yang sebelumnya membuat situs sosial dilingkungan Harvard, tapi akhirnya oleh pihak kampus menutup situsnya karena pelanggaran privasi. Mark Zuckerberg juga berusaha meminta Aaron J. Greenspan untuk mendampinginya dalam menyelesaikan proyek pribadinya yang dirahasiakan namun Aaron J. Greenspan menolak membantu Mark, karena menurut Aaron, Mark Zuckerberg dianggap tidak profesional dan tidak meyakinkannya dalam semua bidang.


Pada awal tahun 2004, Mark Zuckerberg mulai mengerjakan situs yang benar-benar akan menjadi Facebook yang kita kenal sekarang, ia terinspirasi oleh sebuah artikel di The Harvard Crimson. Mark mulai bekerja pada proyek barunya setelah dia kembali ke sekolah pada bulan Januari, Kemudian Mark Zuckerberg meluncurkan "The Facebook" situs beta thefacebook.com pada 4 Februari 2004.

Sejarah Facebook, History of Facebook, Facebook, Mark Zuckerberg, Universitas Harvard, The Facebook
Ilustrasi kamar asrama harvard
The Facebook awalnya diluncurkan sebagai semacam buku tahunan online untuk para staf dan mahasiswa dari Harvard. Awalnya dia membuat situs tersebut dikamarnya sebagai sebuah tugas kuliah. Proyek situsnya dibangun di sebuah asrama di Harvard. Dalam mengembangkan situs ini Mark Zuckerberg, dibantu oleh teman sekamarnya dan sesama kuliah di Universitas Harvard, temannya yakni Dustin Moskovitz, Eduardo Saverin, Chris Hughes dan Andrew McCollum. 


Dalam satu hari, lebih dari dua belas ratus mahasiswa telah mendaftar ke situs milik Mark, pada akhir bulan pertama lebih dari setengah dari semua mahasiswa belajar di Harvard telah membuat halaman sendiri di situsnya.

Sejarah Facebook Awal Mula Berdiri
Ilustrasi Facebook
Setelah enam hari situs The Facebook diluncurkan, Trio Harvard Connection, yakni Cameron Winklevoss, Divya Narendra, dan Tyler Winklevoss  menuduh Mark Zukerberg sengaja lalai dalam menyelesaikain proyek yang diberikan kepada Zukerberg membuat jejaring sosial bernama HarvardConnection.com, sementara Mark Zukerberg menggunakan ide Trio Harvard Connection untuk membuat situs The Facebook. 

Baca Juga 6 Kisah Upaya Pembunuhan Tokoh Terkenal Yang Gagal dan Bisa Mengubah Dunia

Trio Harvard Connection mengeluh kepada Harvard Crimson, dan surat kabar itu memulai dalam menginvestigasi kasus ini. Trio Harvard Connection tersebut mengajukan tuntutan hukum terhadap Mark Zuckerberg ke pengadilan. Selama 4 tahun di pengadilan akhirnya kasus ini diselesaikan secara tertutup dimana The Facebook bersedia membayar sejumlah uang dan sahamnya kepada Trio Harvard Connection.


Anggota pada situs ini awalnya hanya para mahasiswa Harvard College saja, namun pada Maret 2004, Facebook kemudian memperluas diri ke Universitas-universitas lainnya. Pada Juni 2004, Facebook memindahkan perusahaannya ke Palo Alto, California. Perusahaan ini pertama kali menerima investasi pada bulan Juni dari pendiri pendamping PayPal, yaitu Peter Thiel. Pada tahun 2005 perusahaan ini menghapus The di awal nama terdahulunya menjadi "Facebook" setelah membeli domain facebook.com dengan nilai $200.000.


Mark Zuckerberg menjadi pusat perhatian setelah Mark menolak tawaran dari Yahoo untuk membeli Facebook senilai $ 1 miliar. Mark Zuckerberg lebih memilih penawaran dari Microsoft dengan nilai kontrak $ 240 juta dolar. Microsoft memberikan 1,6% saham di Facebook yang akhirnya meningkatkan penilaian menjadi $ 15 milyar.


Sekarang Facebook merupakan jejaring sosial networking yang cukup terkenal. Ribuan orang di seluruh dunia telah mendaftarkan diri di situs ini. Di usia muda Mark Zuckerberg berhasil menjadi sosok seorang pemuda yang sukses berkat ketenaran Facebook.


Demikianlah Sejarah Awal Berdirinya Facebook, semoga artikel yang berjudul Sejarah Facebook bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.Terima kasih.