Pesawat 300 penumpang tercepat di Bumi


Skylon Pesawat Tercepat di Bumi/narasiinspirasi.com

Skylon, pesawat dengan kapasitas 300 penumpang dengan teknologi terbaru di sektor mesinnya ini diklaim bisa mengitari Bumi hanya dalam waktu empat jam saja. 

Skylon sendiri saat ini masih dalam tahap pengembangan dengan mengusung sistem mesin terbaru. Pesawat penumpang ini menggunakan teknologi di mana udara yang masuk ke mesin bernama Sabra akan didinginkan hingga suhunya turun sampai 1.000 derajat Celcius dalam satu detik saja. 

Teknologi tersebut memungkinkan mesin bekerja dengan mekanisme lebih cepat hingga dapat menghasilkan daya yang lebih besar dan berpotensi memiliki kecepatan hingga mach 5,5 atau 7242 km/jam. Bahkan, secara teori pesawat ini dapat terbang hingga ke luar angkasa. Selain itu, material mesin pun diperkuat dengan material kuat untuk tetap membuatnya bertahan dalam penggunaan jangka panjang. 

Dilansir Ubergizmo (17/12), pesawat Skylon ini akan memiliki panjang 276 kaki dan bakal dibanderol dengan harga 1,1 miliar Euro. Untuk uji terbang pertamanya, Skylon dijadwalkan akan terbang perdana mulai 2019 mendatang. 

Jika Skylon bisa beroperasi dan layak terbang sebagai pesawat penumpang, bukan tak mungkin jika nantinya waktu perjalanan udara satu benua ke benua lainnya di masa mendatang. Namun dengan banderol harga hingga 1,1 miliar Euro, tentu Skylon bukan menjadi pilihan armada utama para maskapai komersial di seluruh dunia. 


Source: merdeka.com
Lebih baru Lebih lama