Danau Paling Mematikan di Amerika

Berkeley Pit, danau paling 'mematikan' di Amerika Serikat

batoehijau.tkDari kejauhan permukaan danau di Butte, Montana ini tampak berwarna biru gelap dengan air yang tenang, indah dipandang mata. Tetapi warna itu sebenarnya hanya tipuan mata semata, sebab air danau yang keruh memantulkan warna langit. Berkeley Pit, danau ini dikenal sebagai 'danau paling mematikan di Amerika Serikat'. Menurut Web Ecoist, danau ini terkenal beracun. Sebenarnya Berkeley Pit bahkan bukan danau. Berkeley Pit sejatinya adalah
sisa-sisa tambang yang menampung 40 milyar galon air asam dan bahan kimia beracun, antara lain tembaga, arsenik, kadmium, seng dan asam sulfat.

Tempat ini dulunya adalah tambang tembaga yang didirikan pada tahun 1955 dan beroperasi selama beberapa dekade. Berkeley Pit adalah salah satu lubang galian terbesar di negara itu, dan salah satu dari sedikit danau beracun yang bisa diakses oleh publik dan menjadi daya tarik wisata. Hanya dengan membayar dua dolar pengunjung dapat melihat lubang yang digenangi air penuh logam berat tersebut. Bahkan di dekatnya didirikan sebuah toko yang menjual suvenir dan barang-barang kepada pengunjung.
4t3
trt6er
Photo by waste2place.mit.edu 

Tadinya tingkat polusi dalam danau ini tak begitu diperhatikan oleh pemerintah dan masyarakat sekitar. Kemudian pada tahun 1995, sekawanan angsa salju yang sedang migrasi mendarat di Berkeley Pit dan terjebak di sana karena badai. Pada saat badai berlalu, 342 angsa mati, mengakibatkan pihak yang berwenang berinisiatif melakukan uji toksisitas terhadap air danau tersebut. Barulah diketahui tingginya tingkat pencemaran air di sana.
34r523
Photo by www.atlasobscura.com 

Namun, yang lebih mengkhawatirkan dari itu adalah kenyataan bahwa level permukaan air di Berkeley Pit terus meningkat. Jika sudah mencapai titik kritis, dikhawatirkan air itu akan mencemari air tanah di sekitar Butte yang dikonsumsi oleh lebih dari 30.000 orang. Untuk memastikan bahwa tidak terjadi, sebuah pabrik pengolahan air pun dibangun untuk memompa dan mengolah air Berkeley Pit untuk digunakan dalam operasi pertambangan di dekatnya.
source:http://www.merdeka.com/gaya/berkeley-pit-danau-paling-mematikan-di-amerika-serikat.html

You Might Also Like

0 comentários

Loading...