Peternakan Ayam Pedaging Broiler Organik Paling Sukses di Amerika

Peternakan Ayam Organik/narasiinspirasi.com

Salam sejahtera gaesss, kembali lagi bersama kami di Narasi Inspirasi. Pada kesempatan kali ini kita akan mengulas tentang peternakan ayam broiler atau ayam pedaging yang dibudidaya secara organik. 

Peternakan ayam secara umum ada yang dikelola secara konvensional dan adapula yang dikelola secara organik. Peternakan ayam organik berbeda dengan peternakan ayam yang dikelola secara konvensional. 


Peternakan ayam organik cenderung membutuhkan investasi dan biaya yang cukup mahal. Selain itu, peternakan ayam yang dibudidaya secara organik selalu mengedepankan tata kelola yang sehat dan menghindari penggunaan antibiotik. 

Kondisi farm haruslah bersih, budidaya pun haruslah tetap mengutamakan prinsip kesejahteraan hewan atau animal welfare. Lingkungan yang sehat & terjaga sehingga ayam lebih sehat dan terbebas dari lingkungan yang membuat stres 


Peternakan Ayam Broiler Organik di Amerika/IndofarmID

Sanitasi kandang harus bersih. Lantai terbuat dari beton semen yang memungkinkan pembersihan secara maksimal. Litter atau alas kandang berasal dari serbuk kayu yang nanti digunakan sebagai alas tempat ayam tumbuh dan beraktivitas selama pemeliharaan. Selain serbuk kayu sekam padi juga sering kali digunakan oleh para peternak. 

Peternakan ayam tradisional biasanya menggunakan lantai tanah sehingga biasanya prosedur untuk pembersihan kandang kurang optimal. Di peternakan organik, sanitasi kandang sangatlah penting, kesehatan ayam selalu diutamakan untuk menjaga produktifitas ayam tetap tinggi. Selain itu sanitasi yang bagus membuat ayam tetap sehat dan terbebas dari penyakit. 

Ayam tiba dari tempat penetasan atau hatchery menggunakan sebuah sistem pengangkutan yang aman. Kendaraan atau trailer yang digunakan untuk pengangkutan didesain secara khusus. 

Trailer dilengkapi dengan penyimpanan yang aman, tata letak yang rapi aman dari goncangan, dilengkapi dengan sistem pengontrol kelembaban udara, sistem pengontrol kadar karbondioksida, dan juga dilengkapi dengan sistem pendingin yang mampu mempertahankan suhu udara secara optimal. 

Kestabilan suhu saat pengangkutan sangat penting untuk menghindari agar ayam tidak terkena cekaman panas, juga untuk meminimalkan resiko kematian ayam atau Dee OChe selama proses pengangkutan dan pengiriman. 

Ayam sangat peka terhadap cahaya. Saat ayam tiba ke kandang pertama kali, cahaya yang masuk diatur seminimal mungkin agar tidak terlalu terang. Sehingga ayam akan lebih tenang dan meminimalkan resiko stress. 

Produsen biasanya akan menyalakan penerangan selama dua puluh empat jam agar ayam tumbuh dengan cepat. Tetapi di peternakan ayam organik penerangan yang digunakan adalah penerangan alami dari cahaya matahari dan penerangan yang terprogram agar lingkungan kandang tetap sehat dan ayam terbebas dari stres. 

Efisiensi energi dari pemanasan radiasi, dan sistem kontrol pendingin evaporasi menjaga temperatur sekeliling kandang tetap nyaman bagi ayam. Peternakan ayam tradisional biasanya menempatkan ayam pada ruangan yang sempit dan padat untuk mengurangi biaya pemanas ruangan.

Ayam Broiler Pedaging Organik/narasiinspirasi.com

Di peternakan ayam organik, ayam tidak ditempatkan pada ruangan yang sempit dan padat sehingga kotoran pun tidak akan menumpuk di alas kandang. Ayam pun dibebaskan untuk berkeliaran di sekitar kandang. Peternakan ayam organik bahkan memberikan akses ayam untuk berkeliaran di luar area kandang dengan aman dan nyaman. 

Pakan yang diberikan pun tidak boleh sembarangan dan asal asalan. Pakan berasal dari campuran jagung organik dan biji kedelai organik yang telah bersertifikat, untuk menjaga kualitas pakan dan mendukung para petani organik. 


Pakan pelet diproses dengan seimbang, dengan memperhatikan mutu pakan, kecernaan pakan dan kebutuhan nutrisi ayam. Pakan pelet mengandung minyak asli, kayu manis dan yaka sebagai bahan natural untuk menjaga kesehatan ayam. Pakan yang bagus, berkualitas dan bernilai nutrisi yang seimbang adalah kunci budidaya ayam yang baik. 

Tempat pakan didesain khusus dan berkualifikasi industri. Desain yang inovatif mencegah wadah pakan dijadikan mainan oleh ayam dan mencegah untuk dijadikan tempat bersarang, yang biasanya seringkali menyebabkan pakan terkontaminasi. 

Sistem pemberian air menggunakan metode nipel yang nyaman. Ketinggian tempat minum pun bisa diatur sesuai dengan usia pertumbuhan ayam. 

Pengangkutan ayam pasca panen menggunakan rak modular yang aman dan nyaman. Penutup digunakan agar ayam tetap aman dan tidak stres selama pengangkutan menuju tempat pemotongan.




You Might Also Like

0 comentários

Loading...