Sejarah Aliran Musik "Gothic Metal"

Sejarah Genre Musik Gothic Metal

narasiinspirasi.com - Aliran musik Gothic sebenarnya pertama kali muncul dari evolusi Punk, dan disebut musik Goth (juga sering disebut Gothic Rock). Genre musik Gothic berasal dari Inggris, aliran ini pertama kali dipopulerkan oleh band asal Inggris seperti The Cure, Bauhaus, Fields of Nephilim, dan lain sebagainya sekitar awal dekade 80-an. 

Sejarah Aliran Musik Gothic
Sejarah Aliran Musik Gothic/narasiinspirasi.com

Isi liriknya adalah seputar tentang dark poetry, dunia fiksi (imajinasi), romantisme, misteri, kematian, pemberontakan, kehidupan sehari-hari, percintaan, kesedihan, kegelapan, emosi, solusi untuk keluar dari kesedihan, religi dsb. Masuk pertengahan 80-an muncul band-band yang membawakan aliran baru yang terinspirasi dari Goth (masih berasal dari Inggris). Contoh band-band Industrial adalah sebagai berikut: Skinny Puppy, The Neon Judgement, Borghesia, dll. 

Aliran musik ini ditandai dengan penggunaan alat musik sintesis (synths) seperti drum machine (double pedals), dan electronic distortion. Serupa dengan musik electronica, namun musik industrial lebih keras (seperti suasana pabrik) dan menggunakan tema lirik Goth. Dari aliran ini muncul lagi aliran musik lain seperti Electronic Body Music (EBM) dan Darkwave. 

Pada akhir 80-an atau masuk era 90-an, muncul aliran Gothic Metal yang juga diperkenalkan oleh band-band asal Inggris seperti Paradise Lost, My Dying Bride dan Anathema. Irama musik Gothic Metal adalah evolusi dari pencampuran musik Death Metal dan Black Metal, dengan mengangkat tema lirik musik Goth dengan sedikit penambahan tema baru: era Gothic (tahun 1700-an), konfrontasi, alam gaib, fiksi, kegelapan, kesedihan, kematian dan pemujaan.

Sleeping Sun - Nightwish

Ciri khas Gothic Metal ditandai dengan penggunaan karakter “Beauty and the Beast”, yaitu penggunaan dua orang vokalis (biasanya terdiri dari satu laki-laki dan satu perempuan). Vokalis perempuan menggunakan karakter suara operatic dan seriousa (Beauty), sedangkan vokalis laki-laki menggunakan karakter suara growl dan scream (The Beast). Namun tidak semua musik atau lagu Gothic seperti itu, ada juga lagu yang main vokalnya hanya diisi karakter vocal beauty (Soprano, Opera) ada juga yang main vocalnya hanya diisi dengan beast (scream atau growl) saja. Tempo aliran musik ini dimainkan dengan tempo yang agak lambat, tidak sekeras dan secepat musik Metal lainnya.

Gothic Metal kemudian berkembang di beberapa negara di Eropa, Amerika, Asia misalnya Norwegia, Swedia, Polandia, Jerman, Finlandia, Belanda, USA, Rusia, Brazil, China, Indonesia dll., dengan menambahkan inovasi, kreatifitas dan ciri khas musiknya masing-masing. Sekitar tahun 2000-an juga telah banyak band-band yang mengusung genre musik Gothic yang bermunculan di tanah air. Band-band lokal ini banyak mengadopsi perkembangan musik Gothic dari luar negeri. Misalnya saja Moses Bandwidth, Anueta, Total Tragedy, Restless, Astana, Mistis, Dasamurka, Batu Nisan, Geboren, Anastasya, Attila, Wong Lawas, dan masih banyak yang lain.

Berikut band-band Goth/Gothic Rock/Gothic Metal yang cukup dikenal antara lain:  

Lacrimosa/narasiinspirasi.com


Tristania/narasiinspirasi.com


Therion/narasiinspirasi.com


Nightwish/narasiinspirasi.com


Sejarah Music Gothic Metal
Krypteria/narasiinspirasi.com


Sejarah Music Gothic Metal
Draconian/narasiinspirasi.com


Sejarah Music Gothic Metal
Tiamat/narasiinspirasi.com


Sejarah Music Gothic Metal
 Epica/narasiinspirasi.com


Sejarah Music Gothic Metal
Theatres des Vampires/narasiinspirasi.com


Sejarah Music Gothic Metal
The Cure/narasiinspirasi.com


Sejarah Music Gothic Metal
Bauhaus/narasiinspirasi.com


Sejarah Music Gothic Metal
Fields of Nephilim/narasiinspirasi.com


Sejarah Music Gothic Metal
Paradise Lost/narasiinspirasi.com


You Might Also Like

2 comentários

Loading...