Jumlah Kapal Selam Indonesia Bingungkan Barat

Jumlah kapal selam Indonesia masih menjadi misteri dan menjadi sebuah rahasia yang menarik untuk dipecahkan oleh para pengamat Militer Internasional. Saat ini Indonesia tercatat memiliki dua kapal selam jenis Cakra Class dan tiga kapal selam Changbogo class, namun jumlah itu masih diragukan jika mengingat beberapa fakta dan bukti yang menunjukkan bahwa Indonesia selayaknya bukan hanya memiliki 2 kapal selam Cakra Class dan 3 Changbogo class saja.



Negara-negara Barat juga pengamat Militer Internasional seakan tak percaya dan terus mencari kebenaran jumlah kapal selam Indonesia yang sebenarnya. Mereka curiga bahwa Indonesia sengaja merahasiakan jumlah kapal selam yang dimilikinya untuk memberikan kejutan atau untuk kepentingan strategi militernya. Hal ini tentu membuat negara lain sulit memprediksi kekuatan militer Indonesia yang sebenarnya.

Lalu, berapakaah jumlah sebenarnya kapal selam Indonesia? Apa yang membuat pengamat Militer Internasional begitu penasaran ?



Kabar yang telah lampau menunjukkan telah muncul foto kapal selam jenis Kilo Class pada kalender 2012 internal TNI AL. Dimana secara jelas diperlihatkan Kilo Class yang sedang melaju memecah gelombang dengan nomer identitas 412 pada menaranya. Sontak foto Kilo Class 412 ini sempat membikin geger para military fanboy di Indonesia. Pasalnya 4xx adalah numbering yang dipersiapkan khusus untuk kapal selam TNI AL.




Jika melihat sejarah Militer Indonesia, dahulu pada era-60an, Indonesia memang punya kapal selam kelas Whiskey, mulai dari urutan 401 hingga 412. Dan kebetulan, 412 dahulu disematkan untuk KRI Trisula.


Keadaan sejarah dan ditambah munculnya foto-foto yang banyak beredar di internal kemiliteran membuat pengamat militer negara asing mempercayai Indonesia memiliki lebih dari lima kapal selam. Berbeda dari klaim resmi yang diumumkan oleh militer dan pemerintah Indonesia selama ini. 

Jumlah kapal selam Indonesia memang terus bertambah dari dua menjadi lima sejak 2017. KRI Nagapasa-403, KRI Ardadedali-404 dan KRI Alugoro-405 berurutan masuk Satuan Kapal Selam TNI-AL. Menilik minimum essential force (MEF) institusi militer tanah air, jumlah kapal selam memang akan terus ditambah. Targetnya sampai 12 unitJumlah kapal selam Indonesia yang hanya 5 unit, dianggap meragukan dan janggal oleh pengamat militer internasional.

Sampai sekarang kepastian tentang misteri berapakah jumlah kapal selam Indonesia masih belum terjawab. Bisa jadi ini sengaja dirahasiakan oleh pihak Militer RI dengan maksud dan tujuan tertentu.


You Might Also Like

0 comentários