Wacana Bahasa Jawa diajarkan di sekolah Malaysia




batoehijau.blogspot.com- Pemerintah Malaysia mewacanakan untuk mengajarkan mata pelajaran Bahasa Jawa kepada siswa setingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) di Malaysia. Sebab di Negeri Jiran tersebut banyak dihuni orang-orang Jawa yang sudah lama berdomisili di sana.

Pernyataan tersebut dikemukakan Menteri Kependidikan dan Kebudayaan Malaysia, Datuk Wira Haji MD Yunus Bin Husaen, usai berkunjung ke Rumah Dinas Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo, di Jawa Tengah Senin (26/5). Dalam kunjungan itu, menteri beserta 22 pejabat lainnya diterima oleh Wakil Wali Kota Achmad Purnomo.

"Bahasa Jawa bisa diajarkan kepada anak-anak SD hingga SMA di Malaysia. Di sana (Malaysia) kan banyak orang Jawa, bahkan ada salah satu pejabat setingkat gubernur di Malaka itu juga berdarah Jawa," ujarnya. Lebih lanjut Menteri mengatakan, kunjungannya ke Solo kali ini disertai 22 pejabat dan beberapa bupati untuk belajar mengenai budaya Jawa. Malaysia sangat tertarik dengan perkembangan budaya Jawa khususnya yang berkembang di Solo ini.

"Kami sangat tertarik dan belajar budaya Jawa terutama Solo. Perkembangannya budaya di Solo sangat pesat. Solo punya Keraton Kasunanan yang menjadi pusat pemerintahan zaman dahulu yang sekarang juga masih eksis. Di Malaysia Keraton Surakarta sangat terkenal," katanya.

Sementara itu Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo, menyambut baik rencana pemerintah Malaysia tersebut. Pihaknya juga siap membantu Malaysia jika dibutuhkan.

"Silakan datang ke Solo kalau mau belajar bahasa Jawa. Kalau diperlukan, kami akan bantu tenaga pengajar," ujar Purnomo menegaskan.

Source: www.merdeka.com

You Might Also Like

0 comentários

Loading...